Senin, 20 Mei 2013

REFLEKSI "Some Problems in the Effort of Promoting Innovations of Teaching Learning Practice: Reflection of Peer Teaching activities of Teachers’ Certification "


         Apabila kita membicarakan mengenai pendidikan itu sama saja kita membicarakan masa depan bangsa dan Negara Indonesia. Baik secara langsung maupun tidak langsung pendidikan memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap perkembangan dan kemajuan negara. Banyak permasalahan-permasalahan dalam sistem pendidikan di Indonesia, mulai dari metode hingga media dan sumber pembelajarannya. Saat ini perlu adanya perubahan paradigma pembelajaran tradisional ke pembelajaran yang inovatif. Untuk mengubah itu semua tak semudah membalikkan telapak tangan, banyak kendala-kendala yang dialami oleh sebagian besar guru. Guru mengalami kesulitan dalam mendorong keterlibatkan siswa untuk benar-benar ikut berperan aktif dalam pembelajaran di kelas. Dari awal pembelajaran, guru telah diposisikan secara dominan di dalam kelas, dan siswa hanya sebagai objek dari pembelajaran (pasif). Keberagaman karakteristik dan kemampuan siswa juga menjadi kendala guru dalam mempromosikan metode yang inovatif, pada metode tradisional guru menganggap kemampuan semua siswa sama dengan memberikan lembar kerja siswa yang sama pula, padahal setiap siswa memiliki kemampuan dan potensi yang berbeda-beda, guru sangat perlu memahami hal tersebut, namun terkadang terjadi kendala-kenadala. Akibatnya terjadi kesenjangan antara yang berprestasi tinggi dan yang tidak, bagi mereka yang berprestasi tinggi menjadi harus menunggu teman yang kurang berprestasi dan sebaliknya. Hal itu merupakan salah satu dari sekian permasalahan pendidikan di Indonesia.
           Dalam penyusunan RPP harus benar-benar diperhatikan, tidak hanya sebagai sebuah formalitas atau kewajiban yang akan ditunjukkan pada Kepala Sekolah dengan tidak memperhatikan praktek lapangannya. Dalam menyusun perencanaan pembelajaran, guru harus dapat mengindentifikasi masalah dalam pembelajaran di kelas, sehingga penyusunan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan siswa. Sehingga diharapkan pembelajaran matematika dapat lebih bermakna

support by: http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/some-problems-in-effort-of-promoting_20.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar