Senin, 20 Mei 2013

REFLEKSI "The Nature of Mathematics and School Mathematics "


      Sudah kita ketahui bersama bahwa selama ini sebagian besar guru di Indonesia dalam mengajar menggunakan metode pembelajaran yang tradisional seperti metode ceramah yaitu metode yang berorientasi pada guru, disini siswa hanya dijadikan sebagai suatu objek yang harus patuh pada apa yang disampaikan guru. Metode tersebut kurang efektif untuk diterapkan, sehingga perlu adanya perubahan paradigma pembelajaran yang inovatif. Dengan metode yang inovatif, pembelajaran tidak bersifat monoton, siswa menjadi aktif mengembangkan kemampuan dan kreativitasnya. 
        Seperti yang disampaikan oleh Ebbutt, S. dan Straker, A. (1995) bahwa hakekat matematika sekolah ada 4 definisi yaitu pertama, kegiatan penelusuran pola atau hubungan, disini siswa diberi kesempatan untuk mencari pola-pola baru dalam matematika, sehingga siswa menjadi aktif membangun pengetahuannya sendiri sesuai dengan kemampuan dan pemahamannya melalui percobaan dan penelitian. Kedua, kegiatan kreativitas yang melibatkan imajinasi, intuisi dan penemuan, guru menjadi fasilitator siswa dalam mengembangkan kreativitas mereka, dengan metode inovatif siswa menjadi kreatif, aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga mereka dapat mennemukan  ide atau gagasan mengenai matematika dengan cara dan kemampuannya sendiri. Ketiga, problem solving atau pemecahan masalah, dengan metode inovatif yang diterapkan dalam pembelajaran siswa menjadi mampu memecahkan masalah dengan cara atau pola-pola yang telah ditemukan melalui percobaan sistematis dengan tetap berfikir logis. Keempat, komunikasi yang berguna untuk mengkomunikasikan informasi atau gagasan mengenai matematika yang disajikan melalui diagram, grafik, rekaman, dll. 
         Dengan berpedoman pada keempat definisi hakekat matematika sekolah tersebut diharapkan guru dapat benar-benar menerapkan metode yang inovatif sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna bagi siswa.

Support by: http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/the-nature-of-mathematics-and-school.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar