Berdasarkan
tabel yang dibuat Bapak Marsigit, terlihat bahwa Paul Ernest menggolongkan
dunia pendidikan menjadi 5, yaitu
- Dunia industrial trainer, tujuan dari pendidikan matematika adalah aritmatik(dasar), teori pembelajaran yang lebih menekankan pada bekerja, latihan, mengulang dan menghafal. Sedangkan metode mengajar yang digunakan adalah transfer of knowledge.
- Dunia Technological pragmatist, tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk mendapat sertifikasi, teori pembelajaran adalah berfikir dan praktek, sedangkan metode yang digunakan adalah motivasi eksternal.
- Dunia Old humanist, tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk mentransfer pengetahuan yang dimiliki guru, teori pembelajaran adalah memahami dan mengaplikasikannya, sedangkan metode yang digunakan adalah ekspositori (ceramah)
- Dunia public educator, tujuan dari pendidikan matematika adalah untuk mengembangkan orang secara komprehensif melalui matematika, teori pembelajaran adalah diskusi dan kemandirian, sedangkan metode yang digunakan adalah diskusi dan penelitian.
Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa metode yang
digunakan pada masing-masing ideologi adalag berbeda. Industrial trainer
menggunakan metode berupa mentransfer pengetahuan yang dimiliki kepada siswa.
Technological pragmatist menggunakan metode motivasi eksternal. Old humanist
menggunakan metode ceramah (ekspository). Progressive educator menggunakan
metode contruction development, dan public educator menggunakan metode diskusi
dan penelitian.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar