Sekolah Bertaraf Internasional (SBI) merupakan
salah satu kebijakan dari pemerintah Indonesia
berdasarkan peraturan perundang-undangan, yang bertujuan untuk memperbaiki dan meningkatkan
kualitas pendidikan di Indonesia, sehingga Indonesia mendapat pengakuan secara internasional terhadap
kualitas proses, dan hasil pendidikannya. Sebuah satuan pendidikan merupakan
suatu sistem yang meliputi beberapa komponen-komponen yang saling berkaitan
untuk mencapai sebuah tujuan dari pendidikan itu sendiri. Untuk menjadi sebuah
Sekolah Bertaraf Internasional haruslah didukung oleh komponen-komponen yang
bertaraf internasional pula.
Sekolah Bertaraf Internasional haruslah mempunyai
IKKT (Indikator Kinerja Kunci Tambahan) dari pencapaian 8 Standar Nasional
Pendidikan, tetapi untuk mencapai IKKT
tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Semua itu harus didukung oleh
komponen-komponen yang saling berhubungan dan bekerjasama sehingga tujuan dari
SBI tersebut dapat tercapai. Untuk menjadi SBI metode yang digunakan adalah
metode yang bertaraf internasional yaitu pembelajaran yang berorientasi pada
siswa melalui pendekatan kontruktivisme, namun budaya yang sudah mengakar
selama ini di Indonesia adalah metode pembelajaran yang cenderung masih
menggunakan metode tradisional yang hanya berorientasi pada guru saja.
Oleh
sebab itu, seorang guru harus merubah paradigma mengajarnya yaitu “MENGAJAR
ADALAH KEGIATAN PENELITIAN”. Agar metode yang digunakan adalah metode yang
inovatif sesuai dengan kebutuhan siswa dan perkembangan zaman.
Bagaimana dengan sekolah yang lolos sebagai sekolah
RSBI, namun kualitas dan mutu pendidikan di sekolah tersebut tidak sebanding
dengan pemberian title tersebut?
http://powermathematics.blogspot.com/2012/10/sekolah-bertaraf-internasional.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar