Dalam pembelajaran matematika itu perlu di kaitkan
dengan sesuatu yang kongkret sehingga dapat dengan mudah di pahami oleh para
siswa terutama pada siswa Sekolah Dasar ( SD ). Karena pada usia Sekolah Dasar,
siswa membutuhkan suatu media yang menarik dan nyata untuk menunjang pemahaman
mereka terhadap apa yang mereka pelajari. Namun langkah-langkah pembelajaran
matematika realistik yang di kemukakan oleh Zulkardi bahwa penyelesaian
matematika dilakukan secara berkelompok dengan diskusi kemudian hasil diskusi kelompok
tersebut dipresentasikan didepan kelas tersebut kurang cocok untuk diterapkan
pada anak Sekolah Dasar, karena pada dasarnya anak SD masih membutuhkan
bimbingan dan arahan dari seorang guru. Sebaiknya siswa dan guru melakukan
sebuah diskusi, dengan guru sebagai penampung pendapat atau pemikiran meraka
kemudian dipecahkan atau dibahas secara bersama-sama. Sehingga siswa menjadi
aktif dan lebih paham dengan materi yang di pelajarinya.
Tetapi saya sependapat dengan apa yang disampaikan diatas,
bahwa tidak ada cara yang terbaik dalam membelajarkan matematika, strategi
mengajar yang digunakan sebaiknya tidak hanya menggunakan strategi tunggal saja,
melainkan strategi yang digunakan mengikuti situasi serta kondisi dari siswa
dan zaman. Sehingga dengan begitu seorang guru akan terus menerus belajar dan terus
menerus berkembang menuju arah yang lebih baik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar