Persiapan
pembelajaran matematika dapat dibagi menjadi
menjadi 2 yaitu: persiapan umum dan persiapan khusus. Persiapan umum
meliputi kajian dan penyesuaian paradigma dan teori pendidikan dan pembelajaran
matematika inovatif dan implementasinya, baik menyangkut hakekat matematika
sekolah, tujuan pendidikan matematika, hakekat tugas dan fungsi guru
matematika, hakekat siswa belajar matematika, hakekat metode pembelajaran
matematika, hakekat penilaian pembelajaran matematika, dan hakekat sumber
belajar matematika.
Sedangkan,
Persiapan khusus meliputi persiapan yang terkait dengan persiapan pembelajaran
matematika dikelas, seprti menganalisis kurikulum yang meliputi Standard Isi,
Standard Kompetensi, Kompetensi Dasar, Tujuan Pembelajaran, Pemetaan,
Indikator, Strategi Belajar Mengajar (Tatap Muka) dan Penilaian, yang pada
akhirnya menghasilkan RPP (Lesson Plan).
Kedua
persiapan tersebut pada umumnya bertujuan agar praktek pembelajaran mampu
menggeser paradigma lama yaitu pembelajaran yang berorientasi kepada guru
(tradisional) menuju ke pembelajaran yang berorientasi kepada siswa(inovatif).
Tidak ada komentar:
Posting Komentar